(0286) 591459, 591084 inspektorat@banjarnegarakab.go.id

PENCEGAHAN KORUPSI DAN PENGENDALIAN GRATIFIKASI TERKAIT HARI RAYA IDUL FITRI 1442 H / 2021

Pimpinan OPD diharapkan dapat memberikan himbauan secara internal kepada pejabat dan pegawai di lingkungan kerjanya untuk tidak memberikan gratifikasi dan menolak pemberian gratifikasi yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugasnya dan menerbitkan surat terbuka/bentuk pemberitahuan publik yang ditujukan kepada stakeholder-nya agar tidak mengirimkan pemberian dalam bentuk apapun kepada para pegawai di lingkungan kerjanya

PENGADUAN MASYARAKAT DESA

Pengaduan masyarkat desa mengenai tata kelola pemerintahan desa.

Lapor ! GRATIFIKASI

Melaporkan segala bentuk gratifikasi yang didapatkan sesuai ketentuan.

” OPTIMALKAN TATA KELOLA PENGAWASAN,

INSPEKTORAT MENERAPKAN E-SIMWAS”

Pengawasan internal memegang peranan yang penting untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa aktivitas penyelenggaraan kepemerintahan dan pertanggungjawaban melalui sistem akuntabilitas telah dapat terlaksana seperti yang diharapkan. Inspektorat sangat berkepentingan dengan terwujudnya system pengawasan yang tangguh guna menjamin tercapainya tujuan dan pelaksanaan kegiatan Inspektorat secara efektif, efisien dan ekonomis.

Inspektorat sebagai institusi yang salah satu bentuk pelayanannya adalah menyediakan informasi kepada pengguna informasi terkait, Inspektorat dituntut untuk menyediakan informasi secara cepat dan akuntabel karena informasi tersebut dapat dijadikan sebagai acuan untuk meningkatkan pelayanan OPD.

Peran Inspektorat sangat penting dalam mendorong kinerja OPD dengan memantau dan memfasilitasi percepatan penyelesaian tindak lanjut hasil pengawasan. Dalam hal pengelolaan hasil pengawasan serta tindak lanjutnya pada Inspektorat masih terdapat beberapa kendala yaitu:
a. Tindak lanjut belum selesai tepat waktu;
b. Tindak lanjut tidak sesuai dengan rekomendasi;
c. Database tindak lanjut hasil pengawasan masih dikelola secara manual dan belum terintegrasi.

Melihat kondisi tersebut, Inspektorat perlu segera melakukan perubahan tata kelola hasil pengawasan secara lebih tertib, terintegrasi dan sistematis. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menerapkan Simwas online.

Simwas Online / e-SIMWAS (Sistem Informasi Manajemen Pengawasan) merupakan Aplikasi Pengelolaan Hasil Temuan, Rekomendasi, dan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Aparat Pengawas Internal Pemerintah Daerah Inspektorat Kabupaten Banjarnegara yang dibangun guna mempermudah proses pemantauan perkembangan tindak lanjut dari Audetee, mempermudah proses inventarisasi data hasil pemeriksaan, dan sebagai basis data hasil pemeriksaan secara Cepat, Tepat, Akurat, Realtime dan Up to Date.

Aplikasi e-SIMWAS dibangun dengan pemrograman yang berbasis Web (Web Base Programming) menggunakan bahasa pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) versi 5 dengan menggunakan Framework Code Igniter (CI) dan CSS Twitter Bootstrap, serta menggunakan Database MySql.

Implementasi Simwas online ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah yang menyebutkan bahwa untuk menciptakan komunikasi yang efektif, pimpinan Instansi Pemerintah harus sekurang-kurangnya menyediakan dan memanfaatkan berbagai bentuk dan sarana komunikasi, serta mengelola, mengembangkan, dan memperbarui sistem informasi secara terus menerus. Sistem informasi manajemen sangat mempengaruhi secara langsung bagaimana manajemen mengambil keputusan, membuat rencana, dan mengelola para pegawainya serta meningkatkan sasaran kinerja yang hendak dicapai.

 

Aplikasi e-SIMWAS dapat diakses melalui browser dengan alamat :
localhost/esimwas (standalone mode) atau https://10.99.3.1/esimwas (Local Area
Network Mode) atau https://esimwas.banjarnegarakab.go.id (Online Mode).